Bicara tentang kerusakan lingkungan pasti salah satu dari kita secara spontan akan menjawab tentang rusaknya lapisan ozon, apasih lapisan ozon itu? Dan bagiamana lapisan yang melindungi bumi itu bisa rusak? Berikut adalah ulasanya

Pertama, apasih pengertian lapisan ozon? Menurut Wikipedia.org Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

Apa pula fungsi dari lapisan ozon? Masih menurut Wikipedia.org, Lapisan ozon menyerap 97 sampai 99 persen frekuensi menengah sinar ultraviolet Matahari (panjang gelombang dari sekitar 200 nm hingga 315 nm), yang berpotensi merusak kehidupan yang terpapar di dekat permukaan bumi.

Bagaimana lapisan ozon yang letaknya begitu tinggi dari bumi bisa rusak?

Lapisan ozon dapat dirusak dengan katalis radikal bebas, termasuk nitrat oksida (NO), dinitrogen oksida (N2O), hidroksil (OH), atom klorin (Cl), dan atom bromin (Br)

Lalu apa kaitannya dengan ulah manusia dalam semakin meningkatnya kerusakan ozon? Berikut ini adalah ulasannya: 

1. Lapisan ozon akan bereaksi dengan zat-zat tertentu yang sampai di lapisan itu, antara lain fluorokarbon

2. Flouro karbon akan mengambil lapisan ozon sehingga lapisan ozon berkurang

3. Florokarbon banyak terdapat pada lemari es, mesin pendingin ruangan, busa, semprotan minyak wangi, dan semprotan insektisida

4. Jika terlalu banyak fluorokarbon diudara maka lapisan ozon akan semakin rusak bahkan menghilang
Oleh Faktanya

Mei 07, 2020

Artikel Terkait

> <